.

.

Senin, 18 Januari 2010

Bekerja Jarak Jauh Dengan Remote Desktop Windows XP



Seringkali kita masih direpotkan dengan membawa flashdisk untuk presentasi atau untuk mengajar di ruang kelas. Bahkan kadang ada file atau data yang lupa tidak terbawa, maka kita harus kembali lagi untuk meng-copy-nya.

Kadang kita juga harus menginstall suatu aplikasi pada komputer di ruang presentasi atau komputer di ruang kelas terlebih dulu sebelum menggunakannya. Repotnya lagi kalau aplikasi yang mau kita install sifatnya lisensi hanya untuk satu user atau hanya untuk instruktur, sehingga tidak memungkinkan kalau kita harus menginstallnya di banyak komputer.

Bagaimana mengatasi permasalahan tersebut? Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan fasilitas jaringan yang sudah kita miliki. Windows XP profesional sudah menyediakan sebuah layanan dengan memanfaatkan koneksi jaringan, yaitu dengan menggunakan layanan Remote Desktop Connection.

Tidaklah sulit untuk menggunakan layanan ini, sangat mudah, bagi orang awam sekalipun, apalagi bagi orang yang sudah terbiasa dengan Windows. Dalam tulisan ini akan dijelaskan bagaimana mengaktifkan layanan Remote Desktop Connection dan bagaimana memanfaatkannya untuk meningkatkan efisiensi kerja kita.

Apa yang dimaksud dengan Remote Dekstop (RD)?

RD digunakan untuk mengendalikan sebuah komputer beserta aplikasi desktop dan resource-nya dengan menggunakan komputer lain yang terhubung melalui jaringan. Dengan menggunakan RD, Anda dapat mengakses komputer kerja Anda menggunakan perangkat komputer yang lain.

RD memberikan kepada Anda kontrol penuh terhadap komputer kerja, seperti Anda melihat langsung di depan monitor Anda. Pada saat Anda menggunakan layanan RD dari komputer lain, komputer kerja Anda akan secara otomatis mengunci dirinya sehingga orang lain tidak dapat masuk mengakses komputer Anda selagi Anda gunakan. Untuk mengembalikan ke status semula, anda bisa melakukan “disconect”.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan layanan RD antara lain:

  • Anda dapat membiarkan komputer Anda tetap bekerja ketika Anda meninggalkan ruang kerja, dan Anda tetap dapat melihat kerja komputer Anda dengan menggunakan komputer yang lain.
  • Efisiensi dalam presentasi. Anda dapat mengakses komputer kerja Anda yang ada di ruang kerja Anda ketika Anda harus presentasi di ruang rapat dengan menggunakan komputer lain. Dalam hal ini, Anda dapat mengakses semua aplikasi yang Anda punya, semua file dan semua sumber yang terhubung dengan komputer Anda. Seperti Anda bekerja langsung dengan komputer kerja Anda. Jadi pada waktu presentasi, Anda tidak perlu kuatir kekurangan data atau harus repot-repot membawa flashdisk Anda.
  • Mengajar di ruang kelas tanpa membawa flashdisk. Jika ruang kelas Anda sudah terhubung dengan jaringan yang terhubung dengan ruang kerja Anda, dan sudah diroutingkan (berharap dari pengelola jaringan lokal untuk meroutingkan ruang kelas dengan ruang kerja dosen-guru), maka Anda dapat langsung mengakses bahan-bahan ajar Anda yang ada di komputer kerja Anda dari ruang kelas. Tidak hanya file power point, file video, file dokumen saja tapi juga bisa aplikasi-aplikasi tertentu yang diperlukan.
  • Memonitoring penelitian Anda di Laboratorium. Bila anda mengerjakan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer di Lab, Anda masih bisa memonitor dan melanjutkan apa yang Anda kerjakan di komputer Lab dari komputer di ruang kerja Anda. Tentunya dalam hal ini Laboratorium terhubung dengan ruang kerja Anda dan diroutingkan oleh pengelola jaringan lokal.
  • Meningkatkan kerja sama dengan rekan kerja kita. Misalnya, bersama-sama memperbaikii bahan ajar, bahan presentasi, analisis hasil penelitian dan lain-lain. Karena kita seperti membawa komputer kita untuk berdiskusi dengan rekan kerja kita di ruang kantornya.

Tentunya masih banyak lagi efisiensi yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas RD ini.

Cara Mengaktifkan Layanan RD

Sebelum menjalankan layanan RD, terlebih dahulu pastikan bahwa komputer Anda sudah terinstall MS Windows XP Profesional. Komputer Anda juga harus terhubung dengan jaringan yang sudah diroutingkan dengan komputer yang akan Anda gunakan untuk me-remote.

Jangan lupa mencatat IP address dari komputer Anda, atau mengenali nama komputer Anda dengan melihat pada system properties dengan meng-click Start Control Panel (Performance and Maintenance-optional) System Computer Name Full computer name:nama komputer.

Catat nama komputer. Sedangkan Komputer yang digunakan untuk me-remote harus menggunakan Windows 95 atau sesudahnya, dan juga mempunyai layanan RD Connection yang sudah terinstall. Setelah semua dipenuhi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di komputer yang akan di-remote, Anda harus masuk sebagai administrator dengan password yang aman. Untuk lebih memastikan keamanan, Anda juga dapat memperkuatnya dengan mengatur tambahan keamanan di firewall windows dengan meng-click Start Control Panel (Security Center-optional) Windows Firewall kemudian pastikan untuk tidak memilih check boxDon’t allow exception”.
  2. Lanjutkan dengan memilih tab Exceptions dan pastikan memilih check boxRemote Desktop
  3. Lanjutkan dengan Masuk ke System Properties dengan meng-click Start Control Panel (Performance and Maintenance-optional) System Remote, kemudian pilih check box “Allow users to connect remotely to this computer”. Jangan lupa setelah Anda selesai meremote, kembalikan check box “Allow users to connect remotely to this computer” menjadi tidak terpilih lagi. Penting banget lho ini, demi keamanan.
  4. Setelah komputer yang akan Anda remote selesai Anda atur, maka Anda bisa me-remote dari komputer lain. Pada komputer yang akan Anda gunakan untuk me-remote, click Start All Programs Accessories Communications Remote Desktop Connection. Kemudian masukkan alamat IP atau nama komputer yang akan di-remote.
  5. Setelah ini Anda tinggal login pada menu Log On to Windows dengan memasukkan user name dan password. Selamat mencoba. Untuk mengakhiri layanan RD, Anda tinggal Log-off atau Disconnect.

Sumber:
- http://www.microsoft.com/windowsxp/using/mobility/getstarted/remoteintro.mspx

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar