.

.

Senin, 18 Januari 2010

Cara menjaga komputer agar aman dari serangan virus


Sudah berapa kalikah anda menginstal ulang karena komputer terkena virus yang tidak dapat dihilangkan dengan sempurna? Anda pasti kesal ketika komputer yang tadinya berjalan dengan sempurna menjadi lemot dan tidak bisa digunakan karena virus. Berikut adalah beberapa tips agar bisa berjaga-jaga sebelum ada virus yang masuk ke komputer anda:

1. Cek Flashdisk yang ditancapkan pada komputer.

- Faktor utama dari virus biasanya berasal dari flashdisk yang sudah berpindah-pindah dari komputer yang satu ke yang lain, biasanya sangat mudah terjangkit virus. Untuk mengatasinya, JANGAN PERNAH menancapkan flashdisk ke komputer yang diketahui ada virusnya, jika anda tetap bersikeras untuk menancapkan flashdisk yang kemungkinan ada virusnya tersebut, tahan CTRL pada saat menancapkan flash disk agar autorun tidak berjalan, atau menambahkan pada registry NoDriveTypeAutoRun (Lihat Artikel Mencegah Virus Autorun Menjangkit Komputer Anda). Setelah itu Scan dengan Antivirus yang anda punya (klik kanan pada flash disk dan pilih scan dengan antivirus yang anda miliki).

- Jika semua hal di atas sudah dilakukan, aktifkan view hidden folder agar semua hidden folder tersebut bisa terlihat (takutnya ada virus yang bersembunyi di hidden folder). Jika kita ingin menjalankan aplikasi maupun men-copy dan membuka folder dan file yang ada di flash disk, jalankan hanya pada explorer (saat di My Komputer, click Folders, nantinya akan muncul list-list folder di sebelah kiri, nah kita melihat, mencopy folder dari bagian itu saja, karena saat click folder di bagian itu tidak akan menjalankan virus meskipun masih ada kemungkinan virus masuk ke komputer jika melakukan copy file.


2. Hindari browsing ke situs-situs yang “berbahaya”

- virus yang menyerang bisa berupa Trojan, spyware, dan lainnya. Biasanya situs yang terdapat crack, keygen, maupun pornografi memiliki banyak virus di dalamnya.


3. Selalu Update antivirus dan Scan komputer anda setiap waktu

- Hal ini akan sangat berguna membasmi virus yang juga selalu update, oleh karena itu antivirus yang kita miliki juga harus selalu update. Ada baiknya jika kita menggunakan antivirus lebih dari satu (lokal dan luar) agar lebih aman. Jika anda memiliki budget lebih, akan lebih baik jika menggunakan antivirus yang berbayar dan license.

- Gunakan kesempatan untuk men-scan komputer anda minimal 1 hari sekali agar jika ada virus tidak berkembang dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar